Monday, March 4, 2013

mengapa kita harus berdoa?

Hari minggu kemarin 3 maret 2013, saat saya didalam gereja setelah kebaktian selesai saya sedikit ngobrol ngobrol dengan salah satu teman Ezra samuel. Saat itu kita ngobrol tentang doa, dia nanya sama saya, "tau gak Tuhan tuh mahatau?" saya jawab "iya tau" "trus kamu tau kenapa kita harus berdoa kalau Tuhan itu Mahatau?" sambung kak Ezra (saya sering manggil dia 'kak') saya cuma geleng geleng karena saya pikir doa itu ya wajib biar kita terus dapat berkat. "Tuhan pengen komunikasi sama kita" jawab kak Ezra. Setelah saya pikir pikir iya benar juga gimana Tuhan mau memberi kita berkat kalau kita jarang untuk berbincang sama Tuhan? Pemikiran saya ini akan saya tuangkan didalam cerita berikut agar kalian juga dapat mengerti apa yang saya pikirkan.

David seorang remaja 18 tahun yang akan segera merasakan menjadi mahasiswa. David membutuhkan banyak hal untuk persiapan kuliahnya mulai dari pakaian yang akan dipakai sampai buku buku yang akan menunjang studinya. Kedua orangtuanya tau akan hal itu, orangtuanya pun mempersiapkan semuanya. Beberapa semester terlewatkan David punya banyak teman yang baru, yang justru membuatnya jarang berada dirumah.

Orangtua David khawatir? sudah tentu khawatir, mereka tau David pasti membutuhkan buku yang baru, sepatu yang baru Tapi David ingin buku yang seperti apa? sepatu dengan warna apa? mereka tidak tau karena David sudah jarang berkomunikasi dengan mereka. Orangtua David memutuskan belum memberi apa yang David butuhkan, mereka tidak mau David kecewa karena memberi buku yang salah, atau sepatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. Mereka akan menunggu sampai David datang dan minta apa yang dia butuhkan sehingga mereka benar benar tau buku buku seperti apa yang harus dibeli dan sepatu apa yang anak mereka inginkan.

Tuhan tidak seperti orangtua David yang sekedar tau anaknya butuh buku, tapi tidak tau buku seperti apa yang dibutuhkan. Tuhan tau semua tentang kita, bahkan Tuhan sangat tau dengan detail apa yang kita butuhkan. Kita hanya perlu minta, kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk ngobrol sama Tuhan, untuk minta sama Tuhan. Coba pikir ketika kita punya teman baru dan hanya sesekali meluangkan waktu untuk ngobrol atau menanyakan kabar, lama kelamaan kita bisa lupa dengan teman kita itu bahkan teman kita itu juga bisa saja lupa tentang kita. Untung saja kita punya Tuhan yang amat baik yang akan terus mengingat kita, bahkan memaafkan kita ketika kita bersalah pada-Nya.
Karena itu sobat tetap berdoa, jangan bosan, bangun hubungan yang akrab sama Tuhan. Jadikan Tuhan sahabat terbaik kalian, orangtua terbaik, pokoknya jadikan Dia segalanya dalam hidup kalian.

Keep praying until something happen

2 comments: